Jl. Pattimura No. 1

Kabupaten Sintang 78611

08.00 - 15.00

Senin-Jumat

 

Kenapa ke bukit kelam

Bukit Kelam merupakan icon pariwisata yang berada di kabupaten sintang, kalimantan barat. Bukit kelam sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan, kamu bisa mencoba melakukan pendakian. Bukit kelam juga menawarkan pemandangan yang memukau baik dari kaki bukit sampai ke puncaknya.

 Nah, berikut ini kami akan menjelaskan kenapa kalian bukit kelam menjadi destinasi wajib bagi kalian

1. Akses Yang Terjangkau

Akses bukit kelam sangat mudah dijangkau karena berjarak sekitar 23 km dari pusat kabupaten Sintang yang membutuhkan waktu sekitar 20 - 40 menit. Setelah mencapai kecamatan kelam, kamu harus masuk ke jalan lingkar kelam tidak membutuhkan waktu yang lama, barulah kamu bisa melihat kaki bukit kelam.

2. Mendaki Menggunakan Tangga Via Ferrata

Mendaki menggunakan tangga via ferrata sangat cocok jika kamu pecinta adrenalin dan tidak takut ketinggian, kamu bisa menggunakan tangga via ferrata itu. Dengan menggunakan tangga via ferrata, pendakian bukit kelam di nilai lebih aman karena tangga tersebut dilengkapi dengan pangaman dan didampingi orang yang berpengalaman.

Jangan Khawatir tentang keamanan, apakah kalian tertarik untuk mencoba ?

3. Keanekaragaman Flora dan Fauna

Ketika mendengar nama kantong semar kita akan mengingat tanaman yang unik dan menggantungkan dirinya memakan serangga dan beberapa binatang kecil lainnya yang dikenal sebagai tanaman karnivora. Ya, tanaman jenis kantong semar ini juga berada di bukit kelam.

Kantong semar jenis Nepenthes Clipeata merupakan tanaman endemik di bukit kelam. Artinya untuk menjumpai kantong semar jenis ini hanya berada di bukit kelam dan tidak dapat ditemukan di daerah lainnya. Kami juga menghimbau untuk pendaki tidak mengambil atau memetik tanaman ini ketika melihatnya.

Selain dari menjadi rumah bagi kantong semar, bukit kelam juga menjadi rumah untuk beberapa jenis anggrek, tanaman obat-obatan, meranti dan tengkawang. Sedangkan untuk fauna, kalian dapat menemukan hewan-hewan seperti Armadilo, beruang madu dan beberapa jenis burung.

4. Sunrise dan sunset di bukit kelam.

Bagi kalian yang sangat menyukai pemandangan Sunrise dan Sunset, bukit kelam merupakan salah satu tempat terbak di kabupaten sintang untuk menyaksikan keduanya. Kedua hal ini dapat dinikmati ketika kalian sudah mencapai puncak bukit kelam.

Ingin mencoba ?

5. Gua untuk mereka pecinta caving dan gua wisata rohani.

Jika kalian pecinta caving, bukit kelam merupakan salah satu destinasi yang cocok untuk kalian. Ada 2 gua yang cukup populer di bukit kelam yaitu gua wallet dan gua kelalawar. Dengan kedelaman sekitar 300 meter gua gua tersebut sangat baik bagi anda yang ingin menikmati gua gua tersebut.

Selain dari gua tersebut ada juga gua untuk wisata rohani yaitu Gua Maria, Di tempat ini tersedia antara lain rute jalan salib, kapel, aula, dan rumah retreat. Peziarah yang berkunjung ke Gua Maria bisa menginap di tempat yang sudah disediakan.

6. Bukit Kelam, Batu Monolit Terbesar di Dunia

Bukit kelam merupakan bukit monolit terbesar di dunia dengan ketinggian 1.002 mdpl jauh lebih tinggi dari Ayers Rock yang berada di Australia yang memiliki tinggi 863 mdpl.

Bagaimana menarik bukan ?

 

Kontak

Alamat

  • Jl. Pattimura No. 1
    Kel. Tanjung Puri Kec. Sintang,
    Kabupaten Sintang,
    Kalimantan Barat 78613
    Indonesia
 

Pengunjung

Hari ini150
Minggu Ini1275
Bulan ini915

sintangsintang
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang
Ikuti
Survei Kepuasan masyarakat
(SKM)